SYU’BAH TA’LIIM AL-LUGHOH AL-AROBIYYAH

Profil

Syu’bah Ta’liim al-Lughoh al-Arobiyyah (SL) adalah Program pendidikan pra-Mulazamah (non-formal) untuk usia 12 – 17 tahun. Program ini dikhususkan bagi mereka yang ingin memulai perjalanannya dalam menuntut ilmu sebagaimana metode yang ditempuh para Imam dan Ulama, yaitu dimulai dengan Al-Qur’an dan penguasaan ilmu – ilmu alat yang membantu dalam memahami nash – nash agama.

Program ini dimulai pada tahun 1441 H, pada awal pendiriannya hanya berfokus pada pembekalan keterampilan berbahasa Arab sebagai syarat dasar untuk melanjutkan pada program Mulazamah. Namun sering berjalannya waktu, diperlukan adanya bekal hafalan Al-Qur’an sebagai sumber utama ilmu agama. Maka pada tahun ajar 1443/1444 H, program I’dad Huffadz (Kaderisasi Penghafal Al-Qur’an) dijadikan satu dengan I’dad Lughoh (persiapan bahasa) menjadi satu kesatuan kurikulum yang saling melengkapi dan berkesinambungan antara Al-Quran dan Bahasa Arab dibawah program Syu’bah Ta’liim al-Lughoh al-Arobiyyah.

Masa belajar program adalah 3 tahun dengan santri wajib tinggal di asrama selama masa belajar. Pesantren juga memfasilitasi santri yang ingin mendapatkan Ijazah Negara Paket B atau C.

Standar Kompetensi Lulusan

  • Memahami Ushul Aqidah dan Manhaj Salaf;
  • Itqon hafalan Al-Quran (minimal 15 Juz);
  • Hafal dan memahami hadis – hadis dari kitab Al-Arbaun An-Nawawiyyah;
  • Hafal matan-matan pilihan (Tuhfathul Athfal, Muqoddimah Jazariyyah, Qowaidul Arba’, Al-Ushul Ats-Tsalatsah dll);
  • Memahami fiqih dasar dan mampu mempraktikkan ibadah sesuai dengan sunnah;
  • Hafal dan memahami doa dan zikir sehari – hari;
  • Mampu berkomunikasi dalam bahasa Arab;
  • Mampu membaca kitab – kitab berbahasa Arab dan menerjemahkannya 

Kurikulum

TAHUN SEMESTERMATERI
I1Tahfidz: 4 Juz (Juz 29-28-27-1);
Aqidah dan Fiqih: Al-Mabaadi’ al-Mufiidah fii at-Tauhid wa al-Fiqh wa al-Aqiidah, karya Yahya bin Ali al-Hajuuriy;
Bahasa Arab: Al-Arobiyyah lin NasyiinJilid 1;
Tajwid: Praktik tajwid dasar;
Adab: Matn al-Adzkaar wa al-Aadaab, mustawa tamhiidi Qism Mutun Masjid Nabawi;
Khat: Tadriibat ala Khat Naskhi, karya Abu Luqman Muhammad Ali Masrukhin.
2Tahfidz: 6 Juz (Juz 2 – 7);
Aqidah dan Fiqih: Al-Mabaadi’ al-Mufiidah fii at-Tauhid wa al-Fiqh wa al-Aqiidah, karya Yahya bin Ali al-Hajuuriy;
Bahasa Arab:
Dur Al-Arobiyyah lin Nasyiin Jilid 2;
Tajwid: Matn Tuhfah al-Athfaal, karya Sulaiman al-Jamzuriy;
Adab:Matn al-Adzkaar wa al-Aadaab ,
mustawa tamhiidi Qism Mutun Masjid Nabawi;
Khat: Tadriibat ala Khat Naskhi, karya Abu Luqman Muhammad Ali Masrukhin.
II1Tahfidz: 3 Juz (Juz 8 – 10);
Aqidah: Qowaid Al-Arba’; Al-Ushul Ats Tsalatsah, karya Muhammad bin Abdil Wahhab at-Tamimi;
Fiqih: Ad-Duror al-Bahiyyah fii al-Masaail al-Fiqhiyyah, karya Muhammad bin Ali asy-Syaukaaniy;
Tajwid: Matn Muqoddimah Al-Jazariyyah, karya Ibn al-Jazariy;
Adab: Ashalu Thoriiqah lihifdzi Al-Qur’an wa Tholabi Al-Ilmi Asy-Syar’iy, karya Abdul Muhsin Al-Qosim;
Bahasa Arab: Al-Arobiyyah lin Nasyiin Jilid 3;
Nahwu: Al-Muqoddimah al-Aajurrumiyyah, karya Ibn Aajurrum;
Shorof: Al-Amtsilah at-Tashrifiyyah; Matn Bina’ ash-Shorfi;
Khat:Tadriibat ala Khat Riqah, karya Abu Luqman Muhammad Ali Masrukhin.
2Tahfidz: 2 Juz (Juz 11 dan 12);
Aqidah:Ushul as-Sunnah, karya Ahmad bin Hambal;
Fiqih: Ad-Duror al-Bahiyyah fii al-Masaail al-Fiqhiyyah, karya Muhammad bin Ali asy-Syaukaaniy;
Tajwid: Matn Muqoddimah Al-Jazariyyah, karya Ibn al-Jazariy;
Adab: Ashalu Thoriiqah lihifdzi Al-Qur’an wa Tholabi Al-Ilmi Asy-Syar’iy, karya Abdul Muhsin Al-Qosim;
Bahasa Arab: Al-Arobiyyah lin Nasyiin Jilid 4;
Nahwu: Mutammimah al-Aajurrumiyyah , karya al-Hatthoob
Shorof: Al-Amtsilah at-Tashrifiyyah; Matn Bina’ ash-Shorfi;
Khat:Tadriibat ala Khat Riqah, karya Abu Luqman Muhammad Ali Masrukhin.
III1Tahfidz: Itqon 15 Juz
Fiqih: Ad-Duror al-Bahiyyah fii al-Masaail al-Fiqhiyyah, karya Muhammad bin Ali asy-Syaukaaniy;
Hadis: Al-Arbaun an-Nawawiyyah, karya Yahya bin Syarf an-Nawawiy;
Bahasa Arab: Al-Arobiyyah lin Nasyiin Jilid 5;
Nahwu: Mutammimah al-Aajurrumiyyah , karya al-Hatthoob;
Shorof: Tashrif al-Izzi , karya Izzuddin az-Zanjaaniy;
Kitabah: Qowaid Imla’;
Manhaj: Minhaj al-Firqah an-Naajiyyah, karya Muhammad Jamiil Zainu.
2Tahfidz: Itqon 15 Juz
Ushul Fiqh: Matn al-Waroqoot, karya al-Juwainiy;
Hadis: Al-Arbaun an-Nawawiyyah, karya Yahya bin Syarf an-Nawawiy;
Mustholah Hadis: (Ikmaal al-Farh) wa al-Mandzumah al-Baiquniyyah, karya Toha bin Muhammad al-Baiquniy;
Bahasa Arab: Al-Arobiyyah lin Nasyiin Jilid 6;
Balaghoh: Duruus al-Balaaghoh, karya Sulthon Muhammad dkk;
Siroh: Al-Urjuzah Al-Miiyyah fii dzikri haali Asyrafi al-Bariyyah, karya Ibnu Abi al-Izz al-Hanafiy.

HAFALAN MUTUN ILMIYYAH:
Al-Adzkaar wa al-Aadaab;
Al-Qowaid al-Arba’;
– Al-Ushul ats-Tsalaatsah;
– Al-Arba’uun an-Nawawiyyah;
– Tuhfah al-Athfaal;

– Al-Muqoddimah al-Jazariyyah
– Al-Waraqaat;
– Mandhzuumah al-Baiquuniyyah;
– Al-Muqoddimah al-Aajurrumiyyah;


KAJIAN UMUM:
Al-Jami al-Musnad as-Sahih al-Mukhtasar min Umur Rasulilah Shallallahu’alaihi wasallam wa Sunanihi wa Ayyamihi, karya Muhammad bin Ismail al-Bukhari;
– Riyadh ash-Shalihiin, karya Yahya bin Syarf an-Nawawiy;
Bulugh al-Maram min Adillat al-Ahkam, karya Ibn Hajr al-Asqalaaniy;
Umdat al-Ahkaam min Kalaami Khairi al-Anaam, karya Abdul Ghani al-Maqdisi;
Al-Adab al-Mufrad, karya Muhammad bin Ismail al-Bukhari;
AlWajiz fii Aqidah as-Salaf Ash-Shalih, karya Abdullah bin Abdul Hamid al-Atsari;
Al-Fushul fii Siirah ar-Rasuul, karya Abu Fida Ismail bin Katsir

Tenaga Pengajar

  • Pengawas Halaqoh (Musyrif), adalah para Huffadz (penghafal Qur’an) yang telah memiliki pengalaman dalam memenejemn Halaqoh Al-Qur’an dan memiliki kemampuan Al-Qur’an berstandar sanad;
  • Pengampu Halaqoh (Muhaafidz), adalah para Huffadz yang telah memiliki pengalaman sebagai muhafidz di beberpa Pesantren Tahfidz Al-Qur’an;
  • Pengajar non-Quran, adalah para alumnus Universitas/Markaz/Ma’had bermanhaj salaf baik dari dalam maupun luar negeri.

Ekstrakurikuler

  • Bela diri Jujitsu
  • Berenang
  • Latihan Pidato/Ceramah
  • Rihlah/Mukhoyyam Tarbawiy
Scroll to Top